Selamat datang di website Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat
06-03-2015

Kabandiklat Kejaksaan R.I Buka Diklat Prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil



 

Kepala Badan Diklat Kejaksaan R.I M. Salim selaku Inspektur Upacara membuka secara resmi Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Prajabatan Golongan III dan II pada hari Rabu, 4 Maret 2015 pukul 08.00 Wib bertempat di Aula Adhyaksa Loka Kampus B Badan Diklat Kejaksaan R.I Ceger Jakarta Timur yang berlangsung khidmat.

Upacara pembukaan Diklat Prajabatan tersebut, dihadiri oleh Sekretaris Badan Diklat, Kepala Pusat Pendidikan Manajemen dan Kepemimpinan, Kepala Pusat Pendidikan Teknis Fungsional, dan para pejabat Eselon III di lingkungan Badan Diklat Kejaksaan R.I.

 

Kepala Badan Diklat dalam sambutannya mengatakan, Diklat Prajabatan merupakan syarat wajib bagi pengangkatan seorang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Bahwa salah satu jenis Diklat yang strategis untuk mewujudkan Pegawai Negeri Sipil sebagai bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi profesional adalah Diklat Prajabatan. Diklat ini dilaksanakan dalam rangka membentuk nilai-nilai dasar profesi Pegawai Negeri Sipil. Kompetensi inilah yang kemudian  berperan dan membentuk karakter PNS yang kuat, yaitu PNS yang mampu bersikap dan bertindak  profesional dalam melayani masyarakat.

Diklat Prajabatan merupakan pembekalan yang komprehenshif agar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mempunyai pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan untuk melaksanakan tugas sebagai Aparatur Negara. Diklat ini juga difokuskan ke arah pembinaan Sumber Daya Manusia Aparatur Negara yang memiliki peranan penting dan strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. PNS dalam bekerja harus dengan dedikasi dan loyalitas kepada Negara dan Bangsa, melalui Diklat Prajabatan pula peserta akan memperoleh pemahaman tentang tugas dan peranan sebagai agen pembaharuan yang memiliki cara berpikir, bersikap dan bertindak secara benar juga tepat.

Bahwa pelaksanaan Diklat Prajabatan golongan III tahun 2015 di Badan Diklat Kejaksaan R.I saat ini mulai menggunakan kurikulum baru. Kurikulum ini baik materi maupun cara pembelajarannya mengalami perubahan yang cukup signifikan di bandingkan dengan Diklat Prajabatan Pola lama. Perubahan kurikulum baru tersebut diantaranya pada pembelajarannya bersifat ON-OF Kampus serta melibatkan atasan langsung peserta yang bertindak sebagai mentor. 

Diklat Prajabatan Golongan III ini dilaksanakan selama 31 hari, terdiri dari pembelajaran ON Kampus selama 18 hari dan pembelajaran OF kampus selama 13 hari sedangkan, Prajabatan Golongan II dilaksanakan selama 27 hari, terdiri dari 13 hari pembelajaran ON kampus dan 14 hari OF kampus, termasuk 2 (dua) kali seminar yaitu sebelum OF Kampus dilaksanakan seminar Rancangan Aktualisasi oleh coach (pelatih), penguji dan mentor. Dan seminar lainnya setelah OFF Kampus bertajuk Seminar Evaluasi Aktualisasi juga oleh coach, penguji dan mentor. [as/Muzer]